Perlukah Ikut Seminar FB Ads? Simak Baik-Baik Penjelasan ini!

Anda ingin mengikuti seminar Facebook Ads tapi masih bingung menentukan seminar mana yang akan Anda ikuti? Yuk pelan-pelan baca ulasan kami ini.

Menambah ilmu tentang FB Ads memang bisa dilakukan dengan berbagai cara, bisa dengan belajar otodidak (di Google, Youtube, Facebook) atau belajar dari mentor yang sudah berpengalaman. Banyak praktisi FB Ads berpengalaman yang bersedia melakukan mentoring para pemula. Ada yang gratis dan tentu saja ada yang berbayar.

Anda perlu mencermati dengan penuh kehati-hatian jika memang sudah memutuskan untuk mengikuti seminar FB Ads. Jangan sampai investasi waktu dan uang yang telah Anda keluarkan akan terbuang dengan sia-sia. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam memilih tempat seminar Facebook Ads:

  • Tetapkan Tujuan
    Penting sebelum Anda memutuskan, buatlah list atau daftar goal yang ingin Anda capai. Misalnya: ingin memahami materi targeting atau analisis data. Dengan menetapkan tujuan itu, Anda bisa lebih fokus saat mengikuti seminar yang telah Anda pilih.
  • Rekam Jejak Pemateri
    Anda perlu terlebih dahulu melakukan kroscek mendalam tentang pembicara atau pemateri yang di seminar tersebut. Lihat testimoni dari mereka yang telah mengikuti seminarnya. Periksa hati-hati tiap testimoni, jangan sampai ada testimoni palsu. Apakah pemateri ini benar-benar orang yang ahli Facebook Ads?
  • Periksa Materi Apa Saja yang Ada
    Ini penting dilakukan agar tujuan awal Anda bisa terpenuhi. Materi yang ada dalam seminar haruslah sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini. Jika tidak ada relevansi antara kebutuhan dan isi seminar, saran kami lebh baik cari seminar lain.
  • Seminar Online atau Offline
    Ini terkait dengan masalah waktu, kesiapan dan hal teknis lainnya yang patut untuk dipertimbangkan. Beberapa orang mungkin lebih memilih interaksi tatap muka, sementara yang lain mungkin menemukan webinar online lebih nyaman dan fleksibel. Semua disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.
  • Jumlah Peserta
    Perlu Anda perhatikan, jumlah peserta seminar juga merupakan bagian penting yang masuk dalam ranah pertimbangan. Semakin besar jumlah peserta yang mengikuti seminar tersebut, semakin kecil kemungkinan interaksi yang akan Anda dapatkan. Seminar dengan jumlah peserta yang lebih sedikit mungkin menawarkan interaksi yang lebih banyak dan kesempatan untuk bertanya juga lebih besar.
  • Biaya
    Masalah biaya juga merupakan faktor yang sangat krusial. Anda perlu berupaya dengan baik apakah isi materi yang akan Anda terima sesuai dengan biaya yang Anda keluarkan? Apakah investasi waktu dan uang ini sepadan dengan apa yang akan Anda dapatkan?
  • Adakah Tim Support Pasca-Seminar?
    Ini penting dicari tahu! Sebab dalam banyak kasus, beberapa peserta seminar biasanya masih memiliki banyak sekali kesulitan dalam menerapkan ilmu yang disampaikan mentor. Hal ini tentu saja membutuhkan bimbingan tambahan yang kompeten. Entah itu berupa grup diskusi, chatting personal dengan mentor atau sesi tanya jawab tambahan diluar waktu seminar.

Baca juga: Gabung Sekarang! Dapatkan Kelas Belajar Facebook Ads Gratis Disini

Mengikuti seminar Facebook Ads dapat memberikan berbagai manfaat tapi juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut adalah sisi positif dan negatif dari seminar FB Ads:

Pro

  1. Update Ilmu
    Seminar FB Ads biasanya akan mengulas ilmu Fb Ads paling baru dan paling update. Misal saja algoritma Facebook Ads atau fitur-fitur canggih terbaru yang sangat berguna bagi advertiser.
  2. Berguru Pada Praktisi/Ahli
    Dengan mengikuti seminar, Anda bisa belajar langsung dari praktisi yang memang sudah ahli. Materi yang disampaikan praktisi berpengalaman di bidang pemasaran digital melalui Facebook Ads mungkin akan mengubah mindset Anda tentang FB Ads.
  3. Peluang Networking
    Kemungkinan Anda menambah jaringan (minimal pertemanan) setelah mengikuti seminar, memang terbuka lebar. Tergantung Anda apakah akan memanfaatkan peluang ini dengan baik atau tidak. Sikap proaktif saat berinteraksi dengan peserta seminar lainnya memang diperlukan. Bisa jadi Anda menemukan partner bisnis atau teman untuk berkolaborasi.
  4. Sertifikasi dan Kredibilitas
    Dibeberapa seminar terkadang memang ada yang menawarkan sertifikasi bagi pesertanya. Hal ini tentu saja sangat berguna bagi Anda saat ingin memperkuat resume atau profil Anda (di LinkedIn misalnya).

Kekurangan

  1. Biaya
    Biaya yang mahal memang menjadi hal menakutkan, terutama bagi Anda yang baru memulai untuk mendalam Facebook Ads.
  2. Waktu dan Komitmen
    Mengikuti seminar membutuhkan komitmen waktu, yang bisa menjadi tantangan bagi mereka yang memiliki jadwal padat atau prioritas lain.
  3. Kualitas Seminar
    Materi yang ada dalam seminar terkadang tidak secara terang benderang dijelaskan secara terperinci. Materi yang tidak relevan dan tidak sesuai dengan kebutuhan peserta seminar memang menjadi masalah yang pelik. Cara penyampaian materi yang tidak sesuai ekspektasi, juga akan memperburuk situasi.
  4. Overload Saat Menerima Materi
    Anda yakin hanya dalam satu ada beberapa hari saja sudah bisa menyerap semua materi yang disampaikan mentor? Terbatasnya waktu seminar membuat peserta kewalahan menerima banyaknya materi dalam sekali waktu. Bagi yang baru memulai di bidang pemasaran digital, sangat tidak disarankan mengikuti seminar-seminar seperti ini.
  5. Materi Tidak Bisa di Terapkan
    Ini buruknya, terkadang beberapa teori dan strategi yang diajarkan di seminar ada yang tidak bisa diterapkan saat Anda ingin mempraktikkannya secara langsung. Uang dan waktu sudah keluar tapi ilmu yang Anda dapat tidak bisa Anda gunakan. Hal ini banyak terjadi.

Semoga dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini dan juga membaca sekilas manfaat dan sisi buruk mengikuti seminar Facebook Ads, Anda bisa lebih bijak dalam menentukan pilihan. Selektif wajib Anda lakukan, jika tidak, akan banyak uang dan waktu yang akan terbuang dengan sia-sia.