Trik FB Ads Murah: Efektifkan Iklan dengan Biaya Minim

Penting! Sebelum kita lebih jauh membahas tentang trik FB Ads murah, sebaiknya kita telisik terlebih dahulu definisi murah yang dikaitkan dengan Facebook Ads ini seperti apa? Jangan sampai kita terjebak dengan kata murah yang bisa jadi definisinya berbeda-beda bagi setiap orang (terutama dilihat dari kepentingan dan kebutuhan masing-masing).

Bagi pemain FB Ads to Adsense mendapatkan harga Rp.50 per klik di FB Ads mungkin masih sangat mahal, tapi bagi pemain toko online (yang entah itu jualan barang fisik atau digital) mendapatkan harga Rp.300 per klik mungkin sudah sangat murah. Jadi, murah tidaknya biaya FB Ads yang diharapkan sangat bergantung dari tujuan-tujuan masing-masing pengiklan.

Editor note’s: Kami tidak akan membahas tentang FB Ads to Adsense karena memang kelaskonversi tidak berada pada ceruk tersebut. Silahkan cari pakar lain untuk mendapatkan informasi tentang itu.

Biaya Iklan Rendah tapi Efektif

Hampir setiap pebisnis ingin menerapkan prinsip ekonomi, dimana dengan budget minim tapi mendapatkan hasil yang besar. Tidak berbeda dengan memakai Facebook Ads, banyak pelaku bisnis yang ingin mendapatkan biaya murah namun iklan yang dipasang berjalan dengan efektif. Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan:

  1. Persaingan yang Tinggi
    Kamu harus memahami tidak semua ceruk bisnis persaingannya rendah. Ada banyak sekali pesaing bahkan saat kamu memakai Facebook. Saat ini siapa saja bisa memasang iklan di FB, bahkan kemudahan dalam beriklan sudah jauh berubah dibandingkan dahulu. Jadi, ada kemungkinan saat banyak bisnis bersaing untuk target audiens yang sama, biaya iklan, terutama biaya per klik (CPC) atau biaya per hasil (CPR), ada kenaikan tertentu.
  2. Penargetan yang Tidak Tepat
    Penargetan pada FB Ads cukup penting, salah mengatur bagian ini bisa berakibat buruk pada performa iklanmu. Penargetan yang terlalu luas juga terkadang membuat iklanmu tidak efektif. Menemukan audiens yang tepat namun cakupan cukup luas tentu menjadi PR yang cukup menantang saat ini.

Kualitas Creative yang Kurang Menarik

Saat ini sangat penting sekali untuk menggarap iklan dengan serius, terutama bagian foto atau thumbnail video (jika iklanmu berbentuk video). Kesan pertama harus membuat orang tertarik untuk membaca atau mengklik video iklan tersebut. Copywriting yang ada pada iklan juga tidak bisa diabaikan. Semakin menarik dan kreatif, iklanmu ada kemungkinan untuk mendapatkan CTR yang bagus.

Bagian ini fokus pada bagaimana elemen kreatif dalam iklan (seperti visual, format, dan teks) dapat membantu menurunkan biaya per hasil. Berikut penjelasan lebih rinci:

Meminimalisir biaya dengan visual yang menarik

Visual dalam Facebook Ads adalah sesuatu yang pertama kali dilihat orang. Jadi sangat penting agar membuatnya terlihat menarik. Visual yang menarik diharapkan dapat memancing interaksi yang lebih jauh. Misalnya orang mengklik foto, mengklik video, mengklik tulisan yang terpotong dan sebagainya. Makin tinggi klik iklan yang terjadi, biaya iklan juga kemungkinan akan lebih rendah. Tapi perlu di ingat bahwa visual gambar atau video yang kamu buat harus benar-benar relevan dan produk/layanan yang kamu tawarkan. Hal ini untuk menjaga agar konversi yang kamu inginkan benar-benar sesuai target.

Pentingnya copywriting yang sederhana namun memikat

Copywriting dalam iklan Facebook adalah salah satu hal yang cukup krusial. Copywiriting yang ada pada iklan FB sama pentingnya dengan copywriting yang ada di landing page. Untuk copywriting yang ada pada iklan Facebook kamu bisa membuatnya dengan singkat saja namun harus jelas dan mengandung unsur memikat. Orang yang melihat iklanmu sering kali hanya melihat sepintas saja, jadi copywriting yang memikat bisa saja membuat orang tertarik untuk melirik iklan tersebut. Pentingnya copywriting ini bertujuan agar mendorong audiens untuk segera mengambil tindakan, seperti mengklik, mendaftar, atau membeli. Memang butuh latihan, terutama bagi kamu yang belum memiliki tim copywriting sendiri.

Di Kelas Konversi, bagian ini (copywriting) memang disediakan bab khusus agar murid-murid yang telah bergabung mampu membuat copywriting sesuai dengan kebutuhan iklan mereka.

Secara keseluruhan, trik agar mendapatkan FB Ads murah memang tidak bisa dilakukan secara instan, kamu perlu latihan dan pemahaman yang kuat tentang beberapa unsur yang telah kami sebutkan diatas. Memakai iklan yang kreatif memang memacu harga Facebook Ads yang lebih murah, meskipun definisi murah ini sangat berbeda-beda bagi pebisnis. Setidaknya dengan artikel ini kamu menjadi lebih paham apa yang harus dilakukan jika ingin mendapatkan biaya murah saat beriklan di Meta.

Bagi yang mau belajar FB Ads Gratis secara lebih mendalam, silahkan ikuti panduan kami dibawah ini.