Penyebab & Cara Mengatasi Iklan FB Ads Aktif tapi Tidak Jalan

Iklan fb ads aktif tapi tidak jalan, ini memang kerap melanda beberapa pengiklan. Tentu saja hal ini harus kita cari tahu terlebih dahulu penyebabnya apa. Mari kita bahas hal ini dengan cermat.

Apa yang terjadi seandainya iklan yang kita buat telah aktif (disetujui Facebook) tapi sepertinya mengalami stagnan? Iklannya tidak jalan, tidak ada impresi dan tidak ada budget yang tersedot. Mengalami hal seperti ini memang menjengkelkan karena tujuan kampanye yang kita tetapkan menjadi tidak terealisasi. Tidak ada impresi berarti tidak ada kunjungan ke Landing page atau ke aplikasi yang telah kita atur sebelumnya.

Iklan yang tidak berjalan sudah pasti tidak muncul di beranda pengguna FB, dan ini tentu tidak bisa menjangkau audiens yang kita sasar. Konversi yang diharapkan sudah pasti menjadi nol besar.

Penyebab Umum Iklan Facebook Ads Tidak Berjalan

Iklan yang aktif namun tidak berjalan ini sangat merugikan bagi kita sebagai advertiser. Jadi kasus seperti ini harus diselesaikan dengan segera. Kami akan terlebih dahulu memberikan gambaran tentang penyebab yang mungkin terjadi pada iklan kamu yang stagnan tersebut.

Berikut adalah beberapa penyebab umum yang mungkin saja menjadi penyebab utamanya:

Pengaturan Iklan yang Salah

  • Target terlalu spesifik. Beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab iklan tidak berjalan adalah target yang kamu setting sangat sempit. Jangkauan iklan menjadi sangat berkurang.
  • Penempatan iklan. Penempatan iklan yang tidak relevan dengan perilaku pengguna dapat mengurangi efektivitas iklan. Membuat iklanmu menjadi tidak berjalan sebagaimana mestinya.
  • Jadwal Tayang. Kamu membuat jadwal penayangan iklan yang tidak sesuai dengan waktu aktivitas dari target audiens yang kamu tuju. Efeknya adalah keterlihatan iklan yang kamu jalankan menjadi sangat minim.
  • Anggaran. Anggaran yang terlalu kecil atau saldo di akun iklanmu sangat sedikit. Terkait anggaran, ada beberapa ceruk yang memang membutuhkan anggaran besar karena persaingan pengiklan yang cukup tinggi.

Kualitas Iklan yang Kurang Baik

  1. Visual. Gambar atau video yang kamu pakai kualitasnya rendah. Misalnya gambar terlalu buram. Bisa juga karena visual yang kamu buat tidak relevan dengan pesan iklan sehingga audiens yang kamu target menjadi bingung.
  2. Teks. Hal ini terkait dengan copywriting dimana ada kemungkinan teks yang ada pada iklan terlalu panjang atau kalimat yang ditulis tidak jelas, membuat orang yang melihat iklan itu tidak paham apa yang ditawarkan pada iklan yang mereka lihat.
  3. Call to Action. Call to action pada sebuah iklan sangat penting. Jangan biarkan pemirsa yang kamu target tidak mengerti apa yang harus mereka lakukan terhadap iklan yang mereka lihat. CTA harus jelas, jangan sampai audiens bingung harus bertindak seperti apa saat melihat iklan di beranda.

Landing Page yang Tidak Optimal

  • Relevansi. Cek lagi apakah Landing page (LP) yang kamu buat sesuai dengan materi iklan yang kamu jalankan. Jika tidak relevan, perbaiki lagi sampai benar-benar bersesuaian antara iklan dan LP.
  • Kecepatan. Speed website atau Landing page juga terkadang memiliki pengaruh yang cukup besar. Jangan sampai saat pengunjung mengklik link LP yang ada pada iklan, mereka menemukan LP tersebut seolah berputar-putar saja tanpa pernah selesai loadingnya.

Masalah pada Akun dan Pembayaran

  • Status Akun. Periksa dengan benar akun yang kamu gunakan. Perhatikan apakah ada tanda pelanggaran, misalnya akun sedang dibatasi. Jika ada hal seperti ini, fix, ini adalah penyebab utamanya atau
  • Metode Pembayaran. Permasalahan tentang metode pembayaran memang membuat iklan tidak akan berjalan. Coba periksa bagian ini, perbaiki jika memang ada masalah dibagian pembayaran.

Pelanggaran Kebijakan Iklan Facebook

  • Konten. Masalah terkait konten memang menjadi penyumbang terbesar iklan aktif tapi tidak berjalan. Bahkan terkait hal ini, sangat luas sekali cakupannya.  Konten disini mencakup teks, gambar, thumbnail video dan isi video. Jadi kamu perlu meninjau ulang materi iklan yang kamu jalankan secara menyeluruh.
  • Diskriminatif. Meta sangat melarang iklan yang mengandung muatan bersifat diskriminatif. jadi wajar saja iklanmu tidak jalan jika ada kalimat atau konten tertentu dalam iklanmu yang memuat hal itu. Selain itu perhatikan apakah ada kalimat yang berisi ujaran kebencian, karena Facebook juga melarang hal ini.

Langkah-langkah Pemecahan Masalah

Dengan membaca beberapa penyebab iklan tidak berjalan diatas, seharusnya kamu sudah mendapatkan gambaran bagaimana mengambil tindakan agar iklanmu bisa berjalan normal kembali seperti biasanya. Namun untuk lebih jelasnya kami akan memberikan petunjuk dan langkah penyelesaian dibawah ini dengan beberapa detail tertentu.

Melakukan Audit Iklan secara Menyeluruh

  • Tinjau semua pengaturan iklan. Kamu wajib melakukan audit menyeluruh terhadap targeting yang kamu lakukan. Periksa dengan teliti bagian seperti: penempatan iklan, jadwal tayang, anggaran, dan opsi penargetan lainnya. Kamu bisa memulai hal ini dengan menjawab beberapa pertanyaan misalnya: Apakah anggaran sudah sesuai? Target audiens apakah tidak terlalu sempit? Jadwal tayang iklan apakah memang sudah sesuai dengan jam aktifitas audiens yang kamu target?
  • Evaluasi kualitas iklan. Periksai dengan cermat bagian visual, teks, dan call to action. Pastikan poin-poin tersebut memang sudah baik, mulai dari kualitas gambar. thumbnail video, isi video ataupun CTA yang benar-benar bisa membuat audiens tahu harus melakukan apa saat melihat iklanmu lalu-lalang di beranda mereka.
  • Analisis kinerja landing page: Pastikan copywriting yang ada benar dan sudah relevan dengan materi iklan, gunakan aplikasi pengukur kecepatan website untuk memeriksa loading LP dan periksa ulang tentang navigasi dan CTA yang ada di LP tersebut.

Mengatasi Masalah pada Akun dan Pembayaran

  • Verifikasi akun: Pastikan bahwa akun iklan kamu aman dan tidak terkena pembatasan. Saran kami sebaiknya lakukan verifikasi terhadap akun iklanmu agar kamu bisa memanfaatkan semua tools yang disediakan oleh Meta.
  • Periksa metode pembayaran: Metode pembayaran yang bermasalah mengakibatkan iklan kamu tidak berjalan. Lakukan perbaikan hingga pembayaranmu dinyatakan valid oleh pihak Facebook. Dan jika kamu memakai sistem deposit, pastikan bahwa saldo yang ada masih mencukupi.

Memastikan Kepatuhan terhadap Kebijakan Iklan Facebook

Kebijakan Facebook tentang iklan yang bisa kamu jalankan bisa dibaca dihalaman T.O.S mereka. Yang paling sering dialami pengiklan biasanya adalah terkait konten iklan. Luangkan waktu untuk membaca kebijakan yang ditetapkan pihak Meta. Dengan begitu kamu bisa lebih paham apa saja hal yang diperbolehkan dan apa saja hal yang tidak diperbolehkan.

Ubah iklan

Jika iklanmu tidak berjalan karena materi iklan, jalan satu-satunya adalah memperbaiki. Segera ubah elemen yang bermasalah dan submit ulang atau minta bantuan Facebook dengan menghubungi mereka melalui layanan kontak.

Demikian ulasan kami terkait iklan fb ads aktif tapi tidak jalan. Jika kamu merasa bahwa tidak ada satupun hal diatas yang benar-benar kamu langgar, langkah terbaik adalah menghubungi dukungan Facebook untuk meminta bantuan memecahkan masalah ini. Semoga bermanfaat.