Cara Memilih Produk Untuk Bisnis Online

Kalau Anda mau jualan online, maka jelas Anda membutuhkan produk untuk dijual. Biasanya pemula kebingungan menentukan produk ini. Beberapa pertanyaan yang sering muncul:

 

  • Jualan apa?
  • Barangnya beli di mana?
  • Saya jual harganya berapa?
  • Keuntungan saya sebaiknya berapa?

Nah, beberapa Postingan saya ke depan akan membahas 4 hal ini.

Pertama yang akan saya bedah adalah poin 1: jualan apa.

1/ Jualan apa?

Banyak barang yang bisa kita jual di online, tapi kalau Anda mau berjualan secara jangka panjang, maka pertimbangkan beberapa hal berikut:

Produk langsung digunakan oleh customer (B2C)

Kenapa? Karena kekuatan terbesar bisnis online melalui FB ads adalah kemampuannya menjangkau customer langsung. Memang menemukan mitra bisnis lagi bisa-bisa aja, semacam reseller atau sejenisnya. Tapi ingat bahwa reseller tidak selalu loyal, dan biasanya banyak pertanyaannya terlebih dulu.

Selain itu, Anda akan ribet di awal untuk membuat skema bisnisnya.

Yang paling penting: kalau Anda sendiri kesusahan untuk menjual ke konsumen langsung, apakah layak untuk mencari reseller?

Produk memiliki repeat order (RO)

Produk yang memiliki RO artinya memiliki customer dengan lifetime value yang lebih tinggi. Anda sekali saja “mengakuisisi” mereka. Ketika mereka cocok, maka mereka akan membeli ulang kepada Anda.

Mungkin Anda “boncos” nya cuma satu kali di awal, tapi setelah mereka beli lagi, pembelian tersebut akan menjadi pundi-pundi berikutnya bagi Anda.

Produk yang memiliki complementary

Complementary artinya pelengkap.

Misal Anda jualan hijab. Hijab ini punya complementary yaitu gamis, atau mungkin bross, yang sejenis itu. Anda yang berjualan hijab pasti lebih paham. Atau Anda jual warna hitam, tapi juga jual warna hijau nya. Tujuannya: melengkapi koleksi warna.

Dengan adanya complementary product, maka akan tercipta peluang untuk terjadi repeat order seperti yang sudah saya jelaskan kepada Anda pada poin kedua.

Kira-kira tiga hal ini dulu saja yang terbayang di kepala saya saat membuat Postingan ini. Dengan 3 hal ini, Anda sudah bisa menebak-nebak, kira-kira produk apa yang akan Anda jual.

Catatan saya: Ingat bahwa berjualan produk yang sekedar sedang hype di pasaran, tidak akan membuat bisnis Anda langgeng dan jangka panjang. Kenapa?

Karena besar kemungkinan Anda tidak punya komitmen yang besar dengan produk tersebut!

Yang sering kejadian, kalau produk tersebut nggak laku, Anda nggak yakin penyebabnya apa. Begitu Anda nggak yakin, Anda akan menyalahkan FB ads. Lalu berhenti beriklan.

 

Beda jika produknya memang lahir dari rahim pemikiran Anda untuk benar-benar memuaskan customer, memenuhi kebutuhan mereka, dan menjawab permasalah mereka.

Rumusnya: semakin Anda punya komitmen terhadap produk, maka produk tersebut besar kemungkinan akan berkomitmen kepada kesuksesan Anda juga.

Yakini 1 hal: Satu produk yang betul-betul Anda garap dengan serius, bisa membuat Anda membeli properti cash tanpa riba.

Ok sekian dulu Postingan dari saya mengenai kriteria produk.

Kalau nanti ada tambahan mengenai hal ini, akan saya jelaskan di Postingan berikutnya. Terima kasih!

 

SUKA Postingan ini? 😉
Kemungkinan besar, Sobat  juga suka:
→ KK Premium.