Perbedaan 4 Bidding Strategy Facebook ads

Perbedaan 4 Bidding Strategy Facebook ads

Lowest cost

Ini adalah strategi jika kita ingin FB meng-optimisasi campaign kita agar mendapat konversi semurah mungkin.

Relatif terhadap keberhasilan algoritma campaign itu mencapai derajat โ€œsuksesโ€ spesifik di hari itu.

Artinya apa? Bisa jadi lowest cost hari ini, beda dengan besok, dan beda lagi dengan besoknya.

Contoh. Misalkan kita pasang budget 100.000 maka akan ada kemungkinan kita menghabiskan budget tanpa hasil leads sama sekali.

Lowest cost with bid cap

Ini mirip dengan strategi pertama, hanya saja kita memberikan batasan bid yang bisa dilakukan oleh FB terhadap campaign kita.

Kita tahu bahwa ada perbedaan mendasar antara budget, bid, dan cost. Budget adalah ruang kantong kita, seberapa mampu duit yang mau kita bayar. Bid adalah ruang DEAL kita dengan fb. Sedangkan cost adalah HASIL DEAL. Bab ini termasuk salah satu materi inti di Kelas Konversi.

Misalkan bid kita 100.000, maka FB akan memasang bid berapapun sampai maksimal 100.000; yang mana artinya cost kita akan memiliki kemungkinan 95% dibawah 100.000 (pada fase after learning).

Target cost

Kalau dua strategi diatas bicara tentang bid, maka kali ini kita bicara tentang cost. Target cost sudah menggunakan teknologi FB lebih advanced dalam memprediksi cost yang akan terjadi di dalam campaign kita. FB akan melakukan serangkaian prediksi BID tertentu untuk menghasilkan COST tertentu dari konversi yang masuk, yang mana prediksi ini ya bisa ada kemungkinan boncos.

Misalkan ada kesempatan FB untuk mendapatkan 20.000 per leads, maka dia TIDAK AKAN MENGAMBIL INI jika target cost kita adalah 100.000 per leads.

Cost cap

Ini juga advanced. Prediksi yang dilakukan FB akan diberi ruang lebih bebas untuk menentukan bid, yang mana kebebasan itu tetap diberi batasan cost.

Misalkan ada kesempatan FB untuk mendapatkan cost 20.000 per leads, maka dia akan ambil jika kita pasang cost cap 100.000 per leads.

====

Mana yang terbaik? Kalau ketemu paku, maka kita gunakan palu. Kalau ketemu sekrup, maka kita gunakan obeng ๐Ÿ‘